Minggu, 23 Juni 2013

BAB I
PENDAHULUAN

 1.1      Latar Belakang Masalah
Pada era modern masyarakat terbiasa dengan kehidupan yang praktis, cepat, efektif dan efisien yang tak terkekang oleh jarak, tempat dan waktu. Salah satu alat penunjang untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah telepon genggam. Penggunaan telepon genggam yang telah mencakup semua lapisan masyarakat menjadi indikasi bahwa telepon genggam bukan hanya sekedar alat komunikasi saja namun juga telah menjadi sebuah kebutuhan pendukung utama, bahkan akhir – akhir ini menjadi sebuah gaya hidup masyarakat terutama dengan munculnya beberapa smartphone yang masuk ke dalam Indonesia. Smartphone adalah pengembangan dari telepon genggam dengan berbagai sistem operasi dan berbagai aplikasi unggulan. Salah satu sistem operasi smartphone adalah Android. Android adalah sistem operasi yang bersifat open source dan juga merupakan subset perangkat lunak untuk perangkat mobile yang meliputi sistem operasi, middleware dan aplikasi inti yang di release oleh Google. Dengan platform Android ini, Programmer atau Developer secara optimal dapat mengkustomisasi perangkat Androidnya.
Banyak cara pemanfaatan pada sistem operasi Android seperti contohnya dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari pemanfaatan pada bidang industri makanan. Dalam industri ini banyak dikembangkan aplikasi pemesanan menu hingga aplikasi pembayarannya melalui sistem operasi Android berbasis telepon genggam. Berkaitan dengan contoh pemanfaatan sistem operasi Android diatas maka, penulis berencana untuk membangun sebuah aplikasi berbasis mobile dengan sistem operasi Android dalam membuat obat tradisional Indonesia. Bagi seseorang yang mempunyai smartphone kemudian mengidap sebuah penyakit seperti asam urat, pegal linu, dll. Selain itu bagi yang mengalami keterbatasan biaya untuk berobat ke dokter dapat mengetahui bagaimana cara pembuatan jamu, cara penyajiannya, bahan-bahan yang dibutuhkan, dan khasiatnya sesuai dengan apa yang tertera dalam aplikasi. Disamping itu jamu juga dapat berkhasiat sebagai pemelihara kesehatan, menjaga stamina tubuh serta perawatan kecantikan.
Oleh karena itu penulis memberi tema “Jamu Sehat Indonesia Berbasis Mobile Android” agar aplikasi ini dapat sangat membantu bagi masyarakat banyak dengan hanya menggunakan aplikasi melalui
smartphone berbasis Android.

  
1.2       Ruang Lingkuo
Dalam penulisan ini akan dibahas mengenai penerapan teknologi Android untuk membangun aplikasi Jamu Sehat Sejahtera. Penulis membatasi masalah hanya pada pembuatan aplikasi pada telepon genggam dengan menggunakan bahasa pemrograman J2ME yaitu eclipse, serta hanya membahas cara pembuatan obat tradisional Indonesia (jamu) yang terdiri dari jamu untuk anak (3 jenis), jamu untuk wanita (3 jenis) beserta Jamu untuk pria (3 jenis), Jamu untuk kalangan umum daerah penghasil jamu, dan sejarah singkat jamu. Disamping itu akan di kupas pula daftar nama jamu legal dan ilegal yang bersumber dari BPOM tahun 2010-2012. Aplikasi ini bersifat offline dan dapat diunduh dengan mengakses alamat blog penulis.
  

1.3 Rumusan Masalah
Bertitik tolak pada latar belakang diatas maka penulis merumuskan permasalahannya sebagai berikut :
  1. Apakah sudah banyak masyarakat yang mengetahui tentang cara mengolah jamu.
  2. Bagaimanakah peranan aplikasi ini dalam menambah pengetahuan masyarakat tentang membuat jamu.
  3. Manfaat apa yang didapat dari aplikasi yang dibuat.
           
1.4 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan informasi agar user dapat dengan mudah mengetahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk pembuatan jamu, ditunjukan untuk usia berapa, bagaimana cara membuatnya, apa khasiatnya, dan bagaimana cara mengkonsumsinya melalui sebuah perangkat lunak aplikasi mobile berbasis Android. Penulisan ini juga bertujuan untuk memperluas wawasan masyarakat mengenai bagaimana cara membuat jamu untuk penyakit tertentu dan agar masyarakat dapat mandiri mebuat ramuan jamu yang bersumber dari bahan-bahan alami serta berkhasiat. Karena jamu merupakan salah satu warisan budaya kuno bangsa Indonesia dalam bidang kesehatan.

1.5 Metode penelitian
Metode penelitian dalam penulisan ini menggunakan metode: studi pustaka yaitu penelitian secara teoritis dengan cara membaca buku tentang penggunaan Java, Eclipsexml, penggunaan Search Engine untuk mencari tutorial di internet yang bermaterikan pemrograman berbasis web dan Studi Lapangan yaitu dalam bentuk observasi atau pengamatan langsung pada objek yang di teliti serta pengambilan referensi lain dari buku-buku jamu terkemuka.
Penulisan Ilmiah ini disusun secara sistematis melalui beberapa tahap, yaitu:           
      1.      Pengumpulan data/informasi.
      2.      Perancangan struktur navigasi, peta navigasi, story board, perancangan tampilan.
      3.      Pembuatan aplikasi.
      4.      Publikasi aplikasi.
      5.      Pengujian aplikasi.


1.6 Sistematika penulisan
Untuk memudahkan pembahasan penulisan ilmiah ini, maka penulisan ilmiah ini dibagi menjadi empat bagian, yaitu:

BAB I             : PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode penulisan, dan juga sistematika yang disajikan dalam penulisan.

BAB II            : LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang Android, Eclipse,xml dan model struktur navigasi.

BAB III          : PEMBAHASAN
Bab ini berisi tentang rancangan dan implementasi dari aplikasi  yang akan dibuat serta hasil  yang akan ditampilkan.

BAB IV          : PENUTUP
Bab ini merupakan bab penutup yang berisi kesimpulan dari keseluruhan pembahasan penulisan ilmiah ini dan saran.

DAFTAR PUSTAKA





Nama     : Andi Dwi Wahyudi
NPM     : 10110676
Kelas      : 3 KA 28
Materi     : Bahasa Indonesia 2 #softskill





Tidak ada komentar:

Posting Komentar